Tanker Ditabrak Drone Pembawa Bom di Lepas Pantai Oman

by -28 Views

Sebuah kapal tanker yang terkait seorang miliarder Israel diserang drone pembawa bom di lepas pantai Oman. Serangan terjadi Selasa malam di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran, kata seorang pejabat kepada kantor berita Associated Press, Rabu (16/11). Pejabat pertahanan yang berbasis di Timur Tengah itu berbicara tanpa menyebut nama karena tidak berwenang membahas serangan itu secara terbuka.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris, organisasi militer Inggris di kawasan yang memantau pengiriman, mengatakan kepada Associated Press: “Kami mengetahui sebuah insiden dan sedang diselidiki saat ini.”

Pejabat itu mengidentifikasi kapal yang diserang itu sebagai kapal tanker berbendera Liberia, Pacific Zircon. Kapal tanker itu dioperasikan Eastern Pacific Shipping yang berbasis di Singapura, milik miliarder Israel Idan Ofer.

Nomor telepon Eastern Pacific Shipping yang dihubungi Associated Press berdering pada Rabu tetapi tidak dijawab. Beberapa email yang dikirim juga belum mendapat tanggapan. Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi juga tidak menjawab panggilan telepon.

Sementara tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, kecurigaan langsung jatuh ke Iran. Negara itu dan Israel selama bertahun-tahun ini terlibat perang bayangan di Timur Tengah. Beberapa serangan drone yang menarget kapal-kapal terkait Israel yang melakukan perjalanan di sekitar wilayah itu pernah terjadi.

AS juga menyalahkan Iran atas serangkaian serangan yang terjadi di lepas pantai Uni Emirat Arab pada 2019. Iran mulai meningkatkan program nuklirnya setelah AS menarik diri secara sepihak dari kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar.

Media pemerintah Iran belum mengeluarkan pernyataan terkait serangan terhadap Pacific Zircon. [ab/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.