Serikat Pekerja Rencanakan Aksi Mogok, Maskapai Penerbangan Yunani Batalkan Penerbangan

by -47 Views

Maskapai-maskapai utama Yunani mengumumkan pembatalan penerbangan domestik dan internasional dan perubahan jadwal untuk Rabu (9/11). Keputusan itu diambil setelah serikat-serikat pekerja pengawas lalu lintas udara dan pekerja penerbangan sipil berencana berpartisipasi dalam pemogokan umum nasional hari itu.

Pemogokan 24 jam itu sebetulnya diserukan oleh serikat-serikat pekerja sektor swasta dan publik negara itu. Aksi mereka diperkirakan akan menutup sebagian besar layanan di seluruh negeri dan mengganggu transportasi umum di kota-kota besar.

Serikat-serikat pekerja menuntut kenaikan upah minimum, yang saat ini mencapai lebih dari 700 dolar per bulan untuk pekerja yang bergaji tetap, dan pajak yang lebih rendah.

”Pekerja negara kita, baik di sektor publik maupun di sektor swasta, berjuang mengatasi harga tinggi yang mencekik rumah tangga dan warga negara,” kata ADEDY, konfederasi serikat pekerja untuk pegawai negeri, dalam sebuah pernyataan. Konfederasi itu mengungkapkan, biaya listrik, bahan bakar dan barang-barang pokok yang lebih besar saat ini benar-benar menguras gaji para pekerja.

FILE – Bandara Internasional Eleftherios Venizelos terlihat lengang selama pemogokan 24 jam di sektor publik di Athena, Kamis, 15 Oktober 2020. (AP/Thanassis Stavrakis)

Aegean Airlines dan anak perusahaannya, Olympic Air, mengumumkan 50 pembatalan penerbangan domestik dan mengubah jadwal untuk 42 penerbangan lainnya, sebagian besar internasional.

Para pekerja pengawasan lalu lintas udara berencana untuk ambil bagian dalam pemogokan Rabu dengan melakukan penghentian kerja selama enam jam, dari pukul 10 pagi hingga 4 sore waktu setempat. Anggota serikat-serikat penerbangan sipil diperkirakan akan berpartisipasi dalam pemogokan 24 jam penuh.

Di Athena, kereta bawah tanah hanya akan beroperasi selama sekitar enam jam, dan taksi ditetapkan untuk tidak beroperasi di jalanan mulai pukul 6 pagi Rabu hingga Kamis pagi. Serikat-serikat pekerja berencana mengadakan pawai protes di kota itu pada Rabu pagi.

Bus akan beroperasi selama 12 jam mulai pukul 9 pagi, dengan semua perjalanan pagi dan sore hari dibatalkan. Feri-feri ke dan dari pulau-pulau Yunani akan tetap ditambatkan di pelabuhan mulai Selasa tengah malam hingga Rabu tengah malam. [ab/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.