Polres OKU Sumsel gencarkan SOC

by -62 Views
Polres OKU Sumsel gencarkan SOC

Baturaja () – Jajaran Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggencarkan giat Stand by On Call (SOC) untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah itu agar aman dan lancar.

Wakapolres OKU, Kompol Faridah Aprillah di Baturaja, Senin menjelaskan bahwa kegiatan SOC adalah patroli dialogis yang dilaksanakan malam hari untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah setempat.

Kegiatan ini menyasar pada sejumlah tempat keramaian, termasuk fasilitas mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di daerah itu.

Kegiatan ini dilakukan oleh personel gabungan Polres OKU pada malam hari untuk mengantisipasi aksi kejahatan, sekaligus balap liar kendaraan sepeda motor di jalan raya yang meresahkan masyarakat di daerah itu.

Menurut dia, kegiatan SOC ini rutin dilaksanakan pada malam hari saat akhir pekan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat OKU khususnya yang ada di sekitar Kota Baturaja dari aksi kejahatan seperti pencurian dan begal.

“Patroli dikhususkan dalam rangka menjaga kamtibmas. Hal ini juga untuk mengantisipasi terjadinya Curas, Curat dan Curanmor (3C) serta gerombolan remaja yang membuat resa masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menyempatkan diri untuk memberi imbauan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan di malam hari.

Anggota juga tak lupa menyambangi masyarakat yang sedang berada di pos ronda agar lebih waspada dalam menjaga lingkungan dari aksi pencurian di lingkungan masing-masing.

“Penjagaan di Poskamling ini perlu ditingkatkan lagi dalam menjaga keamanan kampung, mengingat jumlah personel polisi terbatas,” jelasnya.

Apalagi, kata dia, sejak beberapa bulan terakhir tindak kejahatan di Kabupaten OKU seperti aksi pembegalan dan pencurian di kawasan perkampungan meningkat sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan sedini mungkin.

Poskamling nantinya bertujuan untuk meningkatkan keamanan swakarsa dan sebagai cara untuk memantau sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya kamtibmas aman dan lancar.

“Poskamling juga merupakan sarana untuk menciptakan situasi keamanan di lingkungan melalui kegiatan ronda. Hal ini juga untuk upaya pendekatan terhadap masyarakat di malam hari,” ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © 2022

Sumber: www.antaranews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.