Pimpinan DPRD: Sekda baru harus bisa menerjemahkan visi Kota Surabaya

by -452 Views
Pimpinan DPRD: Sekda baru harus bisa menerjemahkan visi Kota Surabaya

Surabaya () – Pimpinan DPRD Kota Surabaya menyatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Surabaya Ikhsan yang baru dilantik harus bisa menerjemahkan visi Kota Surabaya dan program-program prioritas yang telah disepakati pemkot dan DPRD.

“Selamat atas dilantiknya Pak Ikhsan sebagai Sekda Kota Surabaya hari ini. Selamat bekerja, semoga bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,” kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti di Surabaya, Rabu.

Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya telah dijalankan. Kepala Inspektorat Kota Surabaya Ikhsan terpilih dan dilantik menjadi Sekda Kota Surabaya pada Rabu ini.

Reni menyebutkan, Sekda harus mampu menerjemahkan visi Kota Surabaya dan program-program prioritas yang telah disepakati antara Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah.

“Baik itu dalam RPJMD maupun juga program-program tahunan yang sudah ditetapkan di APBD Kota Surabaya,” kata dia.

Sekretaris daerah, lanjut tokoh perempuan Kota Surabaya ini, adalah posisi yang penting dan strategis dalam mensinergikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kota Pahlawan untuk melayani masyarakat Kota Surabaya.

Lebih lanjut, Reni menilai, bahwa kepala daerah telah banyak menyampaikan ide dan gagasan dalam mewujudkan program demi program untuk memaksimalkan potensi kota

Sesuai tema APBD Surabaya 2023, kata dia, peningkatan daya saing SDM dan pemenuhan kebutuhan sosial berkelanjutan, maka upaya pengentasan kemiskinan dan penurunan angka stunting menjadi prioritas yang harus dilakukan.

“Pada sisi pendapatan daerah maupun juga perbaikan infrastruktur dan dalam rangka menjadikan kota yang bebas dari banjir dan macet juga meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas pendidikan di Kota Surabaya,” ujar Reni.

Oleh karena itu, wakil rakyat tersebut berpandangan bahwa guna melaksanakan arahan yang juga menjadi visi Kota Surabaya tersebut dirinya mengatakan Sekda dapat memaksimalkan peran tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Semua itu tentu bisa terimplementasi sesuai dengan target-target yang ditetapkan jika sekda bisa menjalankan tugas dengan baik, Itu akan sangat mengakselerasi program-program yang telah saya sampaikan,” kata dia.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginginkan Sekda Kota Surabaya baru bisa menjadi lebih baik. Sebab, kata dia, banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh Pemkot Surabaya.

“Ketika dilantik sekda baru, seharusnya kinerja pemkot harus lebih baik dari PJ Sekda. Masih banyak stunting, gizi buruk, pengangguran, kemiskinan. Harus punya target penurunan kemiskinan, zero stunting yang baru kecuali yang ada bawaannya,” ujar dia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © 2023

Sumber: www.antaranews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.