Perusahaan Bioteknologi Coba Hentikan Proses Penuaan

by -68 Views

“Jika saya tahu sains dapat mengembangkan sesuatu yang membuat saya tidak mudah lupa dan kemampuan fisik saya tetap baik hingga saya meninggal, saya dengan senang hati menerima proses penuaan ini.”

Itulah Gretchen Leavitt, warga Bay Area, San Fransisco, yang berusia 73 tahun, yang suka bermain bingo dan senam peregangan karena menilai ini cara yang baik untuk melatih pikiran dan tubuh mereka.

Sains belum dapat mencegah manusia dari proses penuaan. Namun, sejumlah peneliti sedang berupaya mengetahui dan mendapatkan cara untuk mengubah, memperlambat atau menyembunyikan proses itu.

Seorang perempuan sedang melakukan perawatan wajah untuk perawatan anti penuaan di pameran Beautyworld Jepang di Tokyo pada 19 Mei 2008. (Foto: AFP/Yoshikazu TSUNO)

Di California, saat ini ada begitu banyak penelitian anti-penuaan di bidang bioteknologi.

Usia mempengaruhi setiap orang dengan cara berbeda. Hal ini dimanifestasikan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh, penurunan kognitif dan neuro-sensori, serta berkurangnya kepadatan tulang dan oto.

Profesor Steve Horvath, pakar genetika manusia di University of California mengatakan. “Penuaan tidak sama dengan karat yang menumpuk di mobil. Ini bukan soal memperlambatnya, tetapi lebih pada soal memanipulasi prosesnya. Kita bisa mengubahnya dengan cara tertentu. Saya dapat menfasirkan penuaan itu sebagai kesalahan piranti lunaknya.”

Horvath adalah salah satu dari banyak akademisi yang bergabung dengan perusahaan bioteknologi untuk bekerja di bidang ini. Salah satu perusahaan itu adalah BioAge, yang menggunakan komputer untuk menemukan denominator yang sama diantara sampel darah dan jaringan dari orang-orang yang hidup sehat dan berumur panjang.

“Ada protein yang disebut sebagai apelin, yang mengalir di dalam darah. Kami melihat bahwa orang-orang paruh baya dengan tingkat apelin yang lebih tinggi dalam darahnya, hidup lebih lama dengan fungsi otot dan fungsi kognitif lainnya secara lebih baik seiring bertambahnya usia. Jadi kami memberikan obat ini kepada tikus yang sangat tua, dan mendapati bahwa hal itu dapat meningkatkan fungsi otot mereka,” ujar CEO BioAge Kristen Fortney.

Saat ini BioAge sedang melakukan uji coba klinis pada manusia.

Seorang perempuan yang mengenakan masker berdiri di dekat sebuah papan iklan yang menampilkan model untuk produk kecantikan di Beijing, China, pada 28 Desember 2021. (Foto: AP/Ng Han Guan)

Seorang perempuan yang mengenakan masker berdiri di dekat sebuah papan iklan yang menampilkan model untuk produk kecantikan di Beijing, China, pada 28 Desember 2021. (Foto: AP/Ng Han Guan)

Perusahaan itu mengatakan apelin dalam peptide (sedikit protein) yang mendorong pemulihan dan regenerasi otot.

“Yang benar-benar kami bahas adalah kesenjangan antara berapa lama kita hidup dan rentang kesehatan. Rentang hidup itu adalah soal berapa lama Anda akan hidup, rentang kesehatan dan berapa lama Anda sehat,” katanya.

Upaya mempertahankan kemudaan di California mungkin dianggap sebagai kemewahan bagi orang kaya, tetapi jika hal ini sudah menjadi perawatan yang dapat diakses semua orang maka dapat membantu kehidupan banyak orang, dan sekaligus mencegah perawatan medis yang mahal seiring terjadinya proses penuaan. [em/ah]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.