Paus Biru Telan 10 Juta Keping Mikroplastik Setiap Hari

by -683 Views

Sebagai hewan terbesar di Bumi, paus biru adalah pemakan besar yang hebat. Jenis hewan tersebut mampu menelan berton-ton makanan setiap hari. Namun, menurut para ilmuwan, mereka kini juga menelan plastik dalam jumlah besar.

Para peneliti pada Selasa (1/11) mempresentasikan perkiraan jumlah mikroplastik yang dicerna oleh tiga spesies paus balin, yaitu paus biru, sirip dan punggung bungkuk, di lepas pantai Pasifik AS.

Paus biru, menurut penelitian, dapat menelan sekitar 10 juta potongan mikroplastik setiap hari, atau hingga sekitar 95 pon atau 43,5 kg plastik. Untuk paus sirip diperkirakan mengonsumsi sekitar 6 juta keping mikroplastik, atau hingga 57 pon plastik.

Menurut penelitian, paus bungkuk dapat menelan sekitar 4 juta keping mikroplastik setiap harinya.

Penonton menyaksikan paus di lepas pantai California selatan. (Foto: AP)

“Di perairan yang cukup tercemar di Pantai Barat AS, paus balin mungkin masih menelan jutaan mikroplastik dan serat mikro per hari,” kata ahli biologi kelautan Universitas Stanford Matthew Savoca, rekan penulis studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

“Kami juga menemukan bahwa sebagian besar – 99 persen – adalah melalui mangsanya yang sebelumnya telah menelan plastik dan bukan dari air yang mereka saring,” tambah Savoca.

Studi tersebut mengilustrasikan bagaimana paus balin berisiko tinggi menelan mikroplastik sebagai akibat dari cara mereka makan, jumlah asupan makanan mereka, dan habitatnya tumpang tindih dengan daerah tercemar seperti arus California yang mengalir ke selatan di sepanjang pantai barat Amerika Utara.

Paus biru dapat mencapai panjang maksimum sekitar 30 meter, paus sirip sekitar 24 meter, dan paus bungkuk sekitar 15 meter.

Para peneliti memperkirakan konsumsi mikroplastik harian dengan memeriksa perilaku 126 paus biru, 65 paus bungkuk, dan 29 paus sirip dengan menggunakan pengukuran dari perangkat elektronik yang dihisap ke punggung hewan, dengan kamera, mikrofon, pencari GPS, dan instrumen yang melacak gerakan. Mereka kemudian memperhitungkan konsentrasi mikroplastik di California Current. [ss/ah]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.