Museum Qatar Gelar Pameran Sepak Bola Piala Dunia

by -725 Views

Kejuaraan sepak bola Piala Dunia baru akan dimulai 20 November mendatang. Namun, kemeriahan terkait pesta olahraga akbar itu sudah terasa, dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang medukungnya.

Di Pameran World of Football, yang digelar sejak 2 Oktober lalu, para penggemar sepakbola bisa menyaksikan sepak terjang para pemain sepakbola kesayangan mereka bersama pernak-perniknya.

Di tempat itu, mereka bisa menyaksikan berbagai kaos seragam jersey yang pernah digunakan Diego Maradona, legenda sepakbola Argentina, pada Piala Dunia di Meksio pada 1986.

Mereka juga bisa mengamati dari jarak dekat kaos putih tim nasional Inggris yang dikenakan David Beckham pada babak kualifikasi Piala Dunia, atau kaos merah tim nasional Inggris milik Sir Geoff Hurst pada final Piala Dunia 1966.

Pameran Sepakbola Dunia di 3-2-1 Qatar Olympic and Sports Museum, Doha, Qatar, 10 Oktober 2022 (REUTERS/Hamad I Mohammed)

Ada juga kaos milik pemain Portugal Cristiano Ronaldo dan bekas pemain Brazil Pele.Ahmad al-Mullah adalah salah satu pemandu di ruang pameran itu.

“Jadi salah satu benda terpenting yang kami dapatkan dalam pameran ini adalah kaos-kaos ini. Kami memiliki 20 kaos asli yang dikenakan oleh atlet yang berbeda, baik perempuan maupun laki-laki. Jadi salah satu kaos terpenting yang kami dapatkan di sini adalah kaos yang dikenakan Maradona pada 1986 di Meksiko. Ketika Piala Dunia FIFA diselenggarakan oleh Meksiko,” jelasnya.

Para penggemar juga bisa menyaksikan bola sepak yang digunakan pada Piala Dunia pertama.

Bola yang pernah digunakan pada pertandingan sepakbola dunia yang dipamerkan di 3-2-1 Qatar Olympic and Sports Museum, Doha, Qatar, 10 Oktober 2022.(REUTERS/Hamad I Mohammed).

Bola yang pernah digunakan pada pertandingan sepakbola dunia yang dipamerkan di 3-2-1 Qatar Olympic and Sports Museum, Doha, Qatar, 10 Oktober 2022.(REUTERS/Hamad I Mohammed).

“Salah satu artefak terpenting yang kami miliki dalam pameran ini adalah bola yang digunakan pada Sepak Bola Piala Dunia 1930. Itu Piala Dunia pertama dan diselenggarakan di Uruguay. Kami juga memamerkan bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2022 di mana kami, dalam hal ini Qatar, menjadi tuan rumahnya. Jadi seperti yang Anda lihat, masa lalu dan masa depan datang berbaur di sini,” imbuhnya.

Di World of Football, para pengunjung juga bisa menyaksikan koleksi sarung tangan kiper dan sepatu para pemain, dan hasil jepretan kamera momen-momen penting Piala Dunia.

Pameran yang digelar di Doha ini akan terbuka untuk umum hingga April 2023, beberapa bulan setelah Piala Dunia 2022 berakhir. [ab/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.