Mahfud: Kerja sama HAM dan demokrasi akan dibahas dalam KTT ASEAN

by -1816 Views
Mahfud: Kerja sama HAM dan demokrasi akan dibahas dalam KTT ASEAN

Jakarta () –

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan kerja sama bidang demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) akan dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, pada 9 – 12 November 2022.

 

“Sejumlah topik strategis akan dibahas di forum itu, yakni terkait kerja sama bidang demokrasi dan HAM serta kerja sama di bidang intelijen dan keamanan bersama,” kata Mahfud dalam pernyataannya yang ditayangkan dalam Youtube Kemenkopolhukam yang dipantau di Jakarta, Senin.

 

 

“Tentu yang ingin dicapai dalam KTT ASEAN adalah prinsip dasar yang dicanangkan sejak lama, yaitu terciptanya wilayah dan kawasan yang damai, aman, dan menyejahterakan masyarakat di ASEAN yang sudah semakin bertambah,” ujarnya.

 

Menurut dia, ASEAN merupakan forum yang sangat dihormati di dunia internasional. Netralitas ASEAN diharapkan membangun kesejukan dan kedamaian dalam pergaulan bangsa-bangsa.

 

“Ini harus diperkuat ke depannya,” tuturnya.

 

Selain memperkuat forum kerja sama ASEAN, tambah Mahfud, akan dibahas isu Laut China Selatan (LCS), tindak pidana perdagangan orang (TPPO), masalah Myanmar, dan berbagai isu strategis lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © 2022

Sumber: www.antaranews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.