Kicauan Burung Tingkatkan Kebahagiaan dan Kesehatan Hingga 8 Jam

by -294 Views

Kicauan burung yang bersahut-sahutan pada pagi hari adalah salah satu suara yang terbiasa didengar orang-orang yang bangun pagi.
Selain suara burung yang terdengar menyenangkan di telinga, suara makhluk ini ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan jiwa kita.

Menurut para peneliti, perasaan gembira hasil mendengar kicauan burung dapat bertahan hingga delapan jam. Menyaksikan tingkat polah burung juga sama efeknya, yakni dapat memperbaiki suasana hati.

Richard Seekins telah 40 tahun menjadi seorang pemerhati burung yang tekun. Ia tahu persis manfaat memperhatikan perilaku burung-burung itu.

Pengamat burung berdiri di gazebo Barr Lake State Park di Brighton, Colorado, saat diberlakukannya perintah tinggal di rumah di seluruh negara bagian di AS untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19, 29 Maret 2020. (AP/David Zalubowski)

Seekins mengatakan,”Ini membuat saya merasa bahagia, ini dapat menjernihkan pikiran kita dan dapat membuat kita dipenuhi rasa gembira sewaktu melihat seekor burung yang tidak kita duga akan kita lihat. Ini indah sekali dan dapat membuat pikiran kita beralih dari pekerjaan sehari-hari.”

Para ilmuwan dari King’s College London melaksanakan studi tersebut, dengan responden dari berbagai penjuru dunia. Hasilnya begitu meyakinkan, sampai-sampai meluangkan waktu keluar di taman bahkan dapat diresepkan oleh dokter untuk mengatasi depresi pada masa mendatang.

Sejumlah orang yang sedang berjalan-jalan di luar rumah sependapat bahwa menyaksikan dan mendengarkan burung berkicau dapat memberi mereka perasaan hati yang lebih positif.

Seorang bocah lelaki mengatakan,”Kadang-kadang ketika saya sedang sekadar bersantai di taman, saya mendengar burung-burung bernyanyi – seperti mencuit.” Hal tersebut membuatnya merasa rileks, katanya.

Sementara itu seorang bocah lainnya mengatakan, “Ini membuat saya merasa bahagia. Saya berbaring-baring, lalu saya tertidur.”

Tampaknya inilah obat alami yang dimaksud oleh dokter. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.