Domba Peternakan Diberdayakan sebagai Pemangkas Rumput   

by -27 Views

Corey Suter adalah pemilik LambMowers.com dan bersama istrinya juga pemilik, separuh dari peternakan Permaculture Farm Suters Glen. Mereka memiliki wisma organik seluas dua hektare. Ia membeli domain itu sebelum memiliki peternakan yang menjadi cita-citanya. Cory punya berbagai ide bisnis dan selalu berjiwa wirausaha.

Cory menunjukkan tempat domba-dombanya digembalakan dan banyaknya pekerjaan yang menantinya.

“Jadi, saya adalah seorang gembala. Saya telah merawat kawanan domba ini dan membantu membiakkan kawanan ini, sejak 2016. Domba-domba ini semacam kontraktor independen,” katanya.

Beberapa domba kecil tampaknya sudah siap untuk bekerja. Cory mengatakan telah melatih domba-domba itu selama lima tahun di peternakannya sebelum membawanya ke lahan di tempat lain.

Domba-domba di Skotlandia. (Foto: AP)

Anak-anaknya menamai semua domba di peternakannya. Domba-domba tersebut memakan rumput di sejumlah tempat yang memesan jasa ternaknya.

“Kalau anda punya ladang kurang dari dua hektare kami akan menggembalakan domba selama dua jam,” ujar Cory.

Namun, domba-domba yang memangkas rumput dengan memakannya itu juga harus diawasi agar tidak memakan tanaman liar yang berbahaya atau beracun.

Domba cenderung menyukai bibit pohon, poison ivy, gulma herba, bahkan lebih menyukainya daripada rumput. Jadi, pemangkasannya tidak sempurna. Ini adalah layanan tambahan dari layanan perawatan rumput yang sudah ada. Mungkin menggantikan semprotan, tetapi tidak akan sepenuhnya menggantikan mesin pemotong rumput yang sebenarnya.

Tidak hanya terbatas memangkas rumput, domba-domba Cory juga mengambil pekerjaan sampingan, merapikan kebun pelanggan dari tanaman yang tidak dikehendaki, seperti di kebun Susan Glasby.

“Saya menyewa domba untuk membantu mengurus beberapa semak yang tumbuh di halaman belakang rumah saya. Saya sebenarnya meneliti kambing karena saya tahu kambing akan memakan poison ivy dan itu tidak mengganggu kambing. Jadi, ketika saya sedang meneliti kambing, saya menemukan Cory dan LambMowers.com. Cory juga dengan baik mengajari saya,” katanya.

Cory mengatakan umumnya para pelanggan sangat senang dengan layanan yang diberikan.

“Oh, sangat menyenangkan. Kehadiran Domba-domba itu sangat menyenangkan,” kata Susan.

Cory senang dengan potensi domba-dombanya. Ia juga mengatakan masa depan cerah jika sebagai manusia kita dapat terus belajar bekerja sama dengan alam daripada hanya mencoba mendominasi alam. [my/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.