ATM Keluarkan Koin Emas Pertama di Dunia, Diluncurkan di India

by -47 Views

India meluncurkan ATM koin emas pertamanya. Terletak di Hyderabad, kota di India selatan, ATM itu juga merupakan yang pertama di dunia.

ATM koin emas itu dibuka untuk umum pada 3 Desember. Nasabah bisa membeli koin dengan berat mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. ATM itu mampu menyimpan hingga 5 kg emas.

“Ini koin-koin emas 24 karat, bersertifikat 999. Jadi pembeli akan mendapatkan hasil investasi sesuai harga pasar. Tidak kehilangan nilai nominal,” kata Wakil Presiden GoldSikka, perusahaan ATM emas, Pratap.

Emas batangan dan koin ditumpuk di ruangan yang berisi brankas di rumah emas Pro Aurum di Munich, Jerman. (Foto: Reuters)

Total terdapat delapan kombinasi yang bisa dipilih pelanggan saat memilih berat koin emas – 0,5 gram, satu gram, dua gram, lima gram, 10 gram, 20 gram, 50 gram, dan 100 gram, imbuh Pratap.

“Seluruh transaksi, kurang dari satu menit,” ujar seorang nasabah, Rabu (7/12), ketika ditanya kemudahan penggunaan ATM emas.

ATM itu, dibangun bekerja sama dengan perusahaan rintisan yang berbasis di Hyderabad, OpenCube Technologies Private Limited, akan menyediakan layanan 24 jam setiap hari kepada pelanggan. Pengguna dapat memilih kartu debit dan kredit untuk transaksi mereka.

India adalah konsumen emas terbesar kedua di dunia. Dua pertiga dari permintaan emas biasanya datang dari daerah pedesaan, di mana perhiasan merupakan cara menyimpan aset. [ka/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.