AS, Kanada Nyatakan Dukungan untuk Demonstran Iran

by -140 Views

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan sejawatnya dari Kanada, Kamis (17/10) menyatakan dukungan bagi para pengunjuk rasa di Iran yang telah turun ke jalan-jalan untuk memprotes kematian seorang perempuan muda yang meninggal dalam tahanan polisi. Perempuan itu, Mahsa Amini, ditangkap karena mengenakan jilbabnya “secara tidak benar.”

Blinken, Kamis (17/10)mengatakan di Ottawa bahwa ia dan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly telah bertukar pandangan mengenai masalah tersebut.

“Kami bekerja bersama untuk menuntut pertanggungjawaban rezim Iran atas penindakan kejamnya terhadap perempuan-perempuan muda pemberani yang terus turun ke jalan-jalan untuk menuntut hak-hak mereka, lebih dari 40 hari sekarang ini setelah tewasnya Mahsa Amini,” kata Blinken.

Joly dalam konferensi pers bersama mengatakan, “Kanada memberi hormat kepada semua orang Iran yang berjuang melawan tirani, dan kami mendukung perempuan dewasa dan remaja yang dengan berani menentang rezim.

Pesannya sederhana: hak-hak kaum perempuan adalah hak asasi manusia. Kita memiliki kewajiban moral untuk mendukung perempuan pemberani Iran dan menuntut pertanggungjawaban para penganiaya mereka.”

Blinken juga mengatakan ia mendukung penuh pernyataan yang dikeluarkan Joly dan 11 menteri luar negeri perempuan lainnya sebelumnya pekan ini mengenai rezim represif Iran.

Pernyataan itu antara lain mengemukakan, “Kami, sebagai menteri-menteri luar negeri perempuan, bersatu dalam solidaritas dengan para perempuan Iran pemberani yang menerapkan hak mereka untuk berkumpul secara damai dan mendukung hak asasi mereka. Kami mengakui bahwa perempuan Iran juga memperjuangkan masa depan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Iran dan kami memiliki kewajiban moral untuk mendukung mereka. Kami mendukung kuat tugas penting para pembela HAM, khususnya perempuan yang membela hak asasi, yang memastikan orang di seluruh dunia bebas melaksanakan dan menikmati hak asasi serta kebebasan fundamental mereka.” [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.