AS, China saling ajak tingkatkan hubungan saat temu bilateral di Bali

by -7 Views
AS, China saling ajak tingkatkan hubungan saat temu bilateral di Bali

Saya mengajak Presiden Xi untuk melanjutkan dialog yang telah dan terus berjalan, secara terbuka dan jujur, yang selalu kita lakukan.

Nusa Dua, Bali () – Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping saling menyampaikan ajakan untuk meningkatkan hubungan kedua negara melalui saling keterbukaan.


“Saya mengajak Presiden Xi untuk melanjutkan dialog yang telah dan terus berjalan, secara terbuka dan jujur, yang selalu kita lakukan,” kata Biden dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali dikutip dari naskah pidato yang dirilis oleh Gedung Putih, Senin.

 

Menurut Biden, AS siap melakukan kerja sama bersama China.

 

Dia mengatakan kedua negara saling bertanggung jawab dalam mengelola perbedaan, mencegah kompetisi yang dapat memicu konflik, dan menemukan cara bekerja bersama mengatasi permasalahan global yang membutuhkan kebersamaan yang saling menguntungkan.

 

“Dan kita akan membicarakan banyak tantangan ini bersama, saya harap, dalam beberapa jam ke depan,” ujar Biden.

 

AS menjelaskan dunia mengharapkan China dan AS sebagai pemeran utama dalam mengatasi permasalahan dunia mulai perubahan iklim, kerawanan pangan, dan kemampuan kerja sama.

 

Sementara itu, Presiden Xi menyampaikan China siap melakukan pertukaran pandangan secara terbuka bersama AS mengenai isu strategis penting kedua negara hingga masalah regional maupun global.

 

Menurut Xi, dunia berharap China dan AS dapat merawat hubungan secara tepat.

 

“Sebagai dua pemimpin negara besar, kita perlu memetakan jalur yang tepat bagi hubungan AS dan China. Kita perlu mencari arah yang benar bagi hubungan bilateral ke depan dan meningkatkan hubungan,” kata Xi.

 

Biden dan Xi tiba di Bali untuk menghadiri KTT Ke-17 G20 yang dipimpin oleh Indonesia.

 

Presiden AS tiba pada Minggu (13/11), sementara Xi tiba pada Senin (14/11).

 

G20 adalah platform multilateral strategis yang menghubungkan sejumlah negara dengan perekonomian besar dunia yang dimulai sejak 1999.

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © 2022

Sumber: www.antaranews.com

No More Posts Available.

No more pages to load.